TPI Berganti Baju Menjadi MNCTV

Kamis, 21 Oktober 2010 17:38 Ari Kurniawan

TPI berganti nama jadi MNC TV

SELAMAT tingggal TPI, selamat datang MNCTV.

Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) berganti nama menjadi MNCTV. Resminya, langkah ini dilakukan MNC Group dengan alasan komersil. Nama TPI dinilai kurang menjual untuk meraup iklan.

Dijelaskan Oleh Hari Taoe Soedibyo, CEO MNC Group, tingkat rating TPI yang 2009 lalu berhasil menempati posisi empat besar nasional tidak diimbangi dengan pendapatan iklan.

"Rating TPI di posisi keempat, tapi jumlah brand yang beriklan di TPI hanya 83. Itu berarti peringkat kesepuluh, atau terbawah dari seluruh televisi swasta yang ada, paparnya dalam jumpa pers di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Kamis (21/10).

Berdasarkan riset yang dilakukan, diketahui rendahnya minat perusahaan memasang iklan salah satunya adalah imej lama TPI sebagai televisi pendidikan.

Tahun 1997, status televisi pendidikan pada TPI sebenarnya secara resmi sudah dirubah menjadi televisi umum. Tapi ternyata perubahan status tanpa diikuti perubahan brand tidak banyak berpengaruh.

Berdasarkan alasan tadi, timbulah pemikiran untuk mengganti "nama di udara". Maksudnya, segala sesuatu yang bersifat legalitas hukum dan sebagainya, MNC TV masih menggunakan nama lama, PT. Cipta TPI.

"Pada intinya, dengan pergantian nama di udara ini kami bukan hanya akan memperbaiki kinerja dalam perolehan rating, tapi juga iklan," tegas Hari Tanoe lagi.

Relaunch TPI menjadi MNCTV streaming ditandai dengan penayangan program "MNCTV Selalu di Hati" yang disiarkan secara langsung pada Rabu (20/10) kemarin mulai pukul 20.10 WIB.

Acara yang berlangsung cukup meriah itu diramaikan oleh penampilan bintang-bintang ternama, seperti Sherina, Cinta Laura, Afgan, The Changcuters, dan Goliath.

(ari/ade)